LITANI NAMA YESUS YANG TERSUCI

Posted by Unknown on 1:45 AM

Sejarah LITANI NAMA YESUS YANG TERSUCI 


LITANI NAMA YESUS YANG TERSUCI


Kepada Forma Ekstraordinary, pesta Nama Yg Tersuci merupakan “kelas kedua” (membuatnya jadi sama dgn hri Pekan sepanjang thn, komplit bersama pendarasan Kemuliaan & Syahadat Saya Yakin), tetapi didalam Forma Ordinary peringatan Nama Yg Tersuci bahkan tak termasuk juga dalam kalender sesudah th 1970. Syukur, pesta ini kembali dirayakan sbg peringatan (memorial) optional oleh Beato Yohanes Paulus II – kita mesti berpikir bahwa Nama Ini layak mendapati penghormatan setidaknya seperti ini!

Kenyataannya, asal usul Pesta Nama Yesus Yg Tersuci merupakan relatif baru, tak demikian dikenal hingga seseorang Franciscan, St. Bernadine dari Siena mewartakan devosi ini terhadap abad ke 15. Pesta ini sudah dirayakan dalam bermacam trick didalam ritus Latin – kepada awalnya pesta ini dirayakan terhadap Pekan Ke-2 sesudah Epifani, setelah itu dipindahkan ke Pekan setelah Oktaf Natal (Pekan antara tanggal 2 Januari & 5 Januari). Teramat di inginkan bahwa pesta ini dirayakan dekat kepada hri di mana menurut histori Yesus menerima Nama-Nya, terhadap hri Dia disunat (delapan hri sesudah Kelahiran-Nya, 1 Januari) & bersama begitu pestanya dirayakan kepada tanggal 3 Januari di dalam Novus Ordo.

Emblem “IHS” terkait bersama pesta ini, namun apa arti IHS? mengapa IHS jadi tanda nama Yesus?

Apa arti dari IHS sesungguhnya – Yesus

Nama Yesus, dalam bahasa Yunani, tercatat ιησους di mana seandainya dialih bahasakan jadi “ihsous” & pengucapannya yaitu iēsous. Inilah Nama Yg Tersuci seperti yg tercatat di Injil.

Di dalam bahasa Ibrani , nama “Yesus” terdaftar ישוע di mana kalau dialih bahasakan jadi “yeshu‘a” & pengucapannya yaitu yeshūa.

Terakhir, didalam Latin, Nama Yg Tersuci ditulis Iesus di mana didalam bahasa Inggris jadi “Jesus”, lantaran “j” tidak jarang menukar “i” terhadap awal kata (begitu pun diantara huruf vokal).

Chi (x) & Rho (p), χριστος (Christos)

Emblem “IHS” datang dari version latinisasi dari bahasa Yunani ιησους, (Didalam huruf kapital Yunani ini ditulis ΙΗΣΟΥΣ atau IHSOUS didalam huruf latin) membawa tiga huruf perdana didalam huruf kapital IHS(ous). & simbol yg sudah kita kenal “chi-ro” (gambar di sebelah kanan X – P) datang dari dua huruf mula-mula dari huruf Kristus dalam bahasa Yunani, χριστος(Christos) – XPistos.

Inilah arti sesungguhnya dari IHS, tiga huruf perdana dari bahasa Yunani penyebutan Nama Yesus Yg Tersuci. Emblem tersebut cuma sekedar simbol dari Nama Yg Tersuci.

Iesus Hominum Salvator – Yesus Penyelamat Manusia

Telah yaitu legenda yg ternama bahwa IHS ialah singkatan dari frase Latin Iesus Hominum Salvator, “Yesus Penyelamat (seluruhnya) manusia”.Meski ini yakni devosi yg baik, tetapi dengan cara historis tak cocok.

Simbol IHS teramat ternama maka sering kita menemukan Iesus dalam bahasa Latin yg salah ejaan jadi IHeSus (dgn “H” ditambahkan, biarpun didalam bahasa Yunani huruf “h” sama saja dalam huruf Latin “e”).

Faktanya, singkatan IHS mula-mula kali diperlukan terhadap abad ke 8, “DN IHSCHS REX REGNANTIUM”, tiga kata awal dari singkatan berasal dari “DomiNus IHeSus CHristuS”– “Tuhan Yesus Kristus Raja dari segala Raja”. Penjelasan lebih jauh berkenaan histori IHS, silakan baca artikel Catholic Encyclopedia [disini] & [disini].

Tetapi, walau dengan cara historis tak pas, tak ada salahnya menyaksikan emblem ini yang merupakan satu buah kesaksian pada kebenaran bahwa tiada nama lain yg diberikan terhadap manusia yg olehnya kita akan diselamatkan (Kis 4 : 12). Tentu, cuma Yesus satu-satunya penyelamat & tidak dengan Rahmat-Nya kita tak sanggup mencapai atau bahkan mengharapkan hidup yg kekal.

In Hoc Signo vinces – didalam tanda ini, engkau dapat menaklukkan

Sesudah tiga paku ditambahkan di bawah emblem (bersamaan dgn salib di atas nya), sekian banyak menyadarinya bahwa kini pencatatannya mengandung “V” di bawah IHS – menjadi sekarang ini kita melihatnya IHSV. (perhatikan gambar di samping) seterusnya wujud ini diadopsi oleh St. Ignasius yang merupakan simbol Jesuit.

IHSV di interpretasikan jadi In Hoc Signo Vinces, didalam tanda ini engkau dapat menaklukkan”. Diambil sbg referensi kemenangan, di mana Konstantine menang melawan Maxentius di Jembatan Milvian terhadap tanggal 28 Oktober 312. Sebelum peperangan , calon Emperor hari depan ini menonton satu buah tanda di langit (mungkin saja huruf Yunani chi-ro X-P, simbol dari Kristus) & mendengar kalimat εν τουτω νικα, di mana dalam bahasa Yunani yg artinya “didalam tanda ini, engkau dapat menaklukkan”. Frase tersebut seterusnya di terjemahkan kedalam bahasa Latin & dikenal huruf-huruf mula-mula terhadap tiap kata apabila disingkat jadi IHSV – itulah lahirnya legenda IHS yg muncul bagi penglihatan Konstantine & Kristenisasi Roma.

Tentunya, dalam Nama Yesus Yg Tersuci kita mesti menaklukkan tiap-tiap musuh – & musuh terakhir yg dapat dihancurkan yaitu kematian itu sendiri. 

Doa LITANI NAMA YESUS YANG TERSUCI 

LITANI NAMA YESUS YANG TERSUCI 
Tuhan, kasihanilah kami.
     Tuhan, kasihanilah kami.
Kristus, kasihanilah kami.
     Kristus, kasihanilah kami.
Tuhan, kasihanilah kami; Kristus, dengarkanlah kami.
     Kristus, kabulkanlah doa kami.    
Allah Bapa di surga,
     * kasihanilah kami.
Allah Putera Penebus Dunia, *
Allah Roh Kudus, *
Allah Tritunggal Kudus, Tuhan Yang Maha Esa, *
Yesus, Hamba Allah, *
Yesus, Anak Daud, *
Yesus, Anak Manusia, *
Yesus, Anak Allah, *
Yesus, Nabi Agung, *
Yesus, Gembala yang baik, *
Yesus, Roti Hidup, *
Yesus, Terang Dunia, *
Yesus, Pokok Anggur, *
Yesus, Jalan, Kebenaran, dan Hidup, *
Yesus, Kebangkitan dan Hidup, *
Yesus, Hakim yang adil, *
Yesus, Anakdomba Allah, *
Yesus, Pengantara, *
Yesus, Imam Agung, *
Yesus, Anak Terkasih Bapa, *
Yesus, Anak Tunggal Allah, *
Yesus, Yang akan datang kembali, *
Yesus, Kegenapan janji Allah, *
Yesus,Citra Allah, *
Yesus, Putera Sulung, *
Yesus, Sang Sabda, *
Yesus, sungguh Allah sungguh Manusia, *
Yesus, Penyembah Ilahi, *
Yesus, Pintu Keselamatan, *
Yesus, Penyelamat dunia, *
Yesus, Raja Semesta, *
Yesus, Pengantin Gereja, *
Yesus, Rasul Utama, *
Yesus, Sang Terpilih, *
Yesus, Kristus, Sang Terurapi, *
Yesus, Awal dan Akhir, *
Yesus, Kepala Gereja, *
Yesus, Bintang Timur Cemerlang, *
Yesus, Tuhan yang mahakuasa, *
Berbelas-kasihanlah kiranya,
     sayangilah kami, ya Yesus.
Berbelas-kasihanlah kiranya,
     kabulkanlah doa kami, ya Yesus.
Dari segala kejahatan,
     ** bebaskanlah kami, ya Tuhan.
Dari segala godaan, **
Dari segala dosa, **
Dari tipu daya setan, **
Dari nafsu percabulan, **
Dari kematian kekal, **
Dari kelalaian akan nasihat-Mu, **
Berkat penjelmaan-Mu,
     *** selamatkanlah kami, ya Tuhan.
Berkat kelahiran-Mu, ***
Berkat masa muda-Mu, ***
Berkat segala karya-Mu, ***
Berkat segala sabda-Mu, ***
Berkat sengsara-Mu, ***
Berkat salib-Mu, ***
Berkat wafat dan pemakaman-Mu, ***
Berkat kebangkitan-Mu, ***
Berkat kenaikan-Mu ke surga, ***
Berkat kemuliaan-Mu, ***
Anakdomba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia, sayangilah kami.
Anakdomba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia, kabulkanlah doa kami.
Anakdomba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia, kasihanilah kami.
Yesus, dengarkanlah dosa kami.
     Yesus, kabulkanlah doa kami.
Marilah kita berdoa. (Hening)
Ya Allah, Bapa kami, Putera-Mu, Yesus Kristus telah bersabda: Mintalah maka kamu akan diberi, carilah maka kamu akan mendapat, dan ketuklah maka pintu akan dibukakan. Kami mohon, anugerahilah kami cinta ilahi yang kami dambakan, agar kami mencintai Engkau dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi, dan dengan segenap kekuatan.
Ya Allah, buatlah kami selalu hormat dan cinta akan nama Yesus yang suci, karena Ia selalu membimbing orang-orang yang telah Kauikat dalam cintakasih-Mu. Engkau takkan melepaskan dari pelukan cinta-Mu orang-orang yang mengakui Engkau dalam nama Putera-Mu. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Sumber: PUJI SYUKUR No. 208.

 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 1:45 AM

1 comments:

  1. Syukur atas pemeliharaan iman akan Yesus Kristus sbg penolong sjati

    ReplyDelete

CB